Minggu, 26 Juni 2016

berRakit-Rakit ke Air Terjun Sri Gethuk, berRenang-Renang Pulangnya






“Ke Air Terjun Sri Gethuk yok” ajak si ayah. Hadeh. Aku sebenarnya paling males mengunjungi tempat wisata yang berupa air terjun. Biasanyakan kita harus jalan jauuuuhh dan menanjak untuk bisa mencapai lokasi air terjun. “Air terjun yang ini beda, kita naik perahu menyusuri sungai untuk bisa sampai ke lokasi air terjun” lanjut si ayah yang melihat kegalauanku, males jalan kaki jauh. Wah, ini baru asyik. Aku langsung mengangguk dengan semangat.
 
jalan tanah yang harus dilewati kendaraan

Gunung Kidul yang sedang terkenal karena Goa Pindul-nya, ternyata juga mempunyai wisata air terjun yang cantik. Terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, air terjun ini bisa dibilang unik. Untuk mencapai lokasi air terjun, kita cukup duduk manis di atas rakit, menyusuri sungai Oyo.
 
rakit menyusuri Sungai Oyo

Air terjun ini belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, mungkin karena jalan kendaraan menuju pintu gerbang air terjun masih sempit dan masih berupa jalan tanah, belum bisa dilalui bus pariwisata yang besar.

Untuk mencari lokasi air terjun cukup mudah, asal kita sudah masuk Kecamatan Playen Gunung Kidul, banyak papan petunjuk jalan yang dapat kita temukan. Tapi jangan kesorean datang kesini ya, soalnya jam 4 sore tempat ini sudah ditutup.
 
bebatuan yang membentuk undak-undakan
Tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp10.000 sedangkan ongkos parkir mobil Rp5.000. Nah, untuk ongkos kita naik rakit menuju lokasi air terjun, kita harus membayar lagi sebesar Rp10.000.



Perjalanan menyusuri sungai ini mirip seperti pengalaman menyusuri Green Canyon di Pangandaran, dengan tebing tinggi berwarna hijau mengepung kita di kiri kanan, sehingga banyak orang menyebut tempat ini sebagai Green Canyon-nya Yogyakarta.

Suara gemuruh air terjun sudah terdengar dari kejauhan, ditimpali suara tawa yang membahana dari para pengunjung air terjun, yang dengan riangnya melemparkan tubuh mereka dari batuan yang tinggi, ke air sungai Oyo yang tenang.



Di bawah air terjun, tampak bebatuan indah yang membentuk undak-undakan, membuat siapa saja yang melihat ingin duduk di undak-undakan itu dan dibanjiri air yang melimpah. Meskipun Gunung Kidul terkenal sebagai daerah yang kering, tetapi air terjun ini tidak pernah kekurangan air, air selalu mengalir melimpah disini, sehingga tempat ini dapat dikunjungi kapan saja tanpa mengenal musim.













Pengen nyobain berenang pas perjalanan pulang? Bisa juga kok, kalo nggak capek. Ini nih contohnya.
ber-rakit2 ke Sri Gethuk, ber-renang2 pulangnya
Oh ya, kalau datang kesini, kalau bisa jangan pas musim banyak hujan ya, soalnya airnya cokelat kalau pas banyak hujan. Lihat nih perbedaan warna airnya.
warna air bulan Mei 2016
 
warna air bulan November 2016

Paket Wisata
Body Rafting Rp35.000,-
lengkapi wisata anda dengan paket body rafting, menyusuri aliran sungai oyo dengan menggunakan safety pelampung, ditemani pemandu yang ramah dan terlatih.

Flying Fox Rp25.000,-
nikmati sensasi meluncur di atas aliran sungai oyo sejauh 125 m.

Canyoning Rp125.000,-
uji adrenalin anda dengan paket canyoning / rapling, menuruni aliran air terjun sri gethuk dengan peralan dan instruktur yang berpengalaman @125.000 minimal 10 orang.

Baca juga :
Punthuk Setumbu, tempat Cinta & Rangga berduaan 
Monumen SLG, kembarannya Arc de Triomphe Paris 
Wajah Kelud Pasca Letusan Dahsyat 2014 
Paku Jawa, Titik Tengahnya Pulau Jawa

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus