Senin, 04 April 2016

Monumen SLG, Kembarannya Arc de Triomphe Paris



Ingin melihat Arc de Triomphe? Tidak perlu jauh-jauh ke Paris! Di Kediri juga ada. Namanya adalah Monumen Simpang Lima Gumul atau biasa disingkat SLG. Bangunan setinggi 25 meter dan mirip Arc de Triomphe ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, hanya berjarak sekitar 6 km dari pusat Kota Kediri. Monumen ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008.

Kenapa dinamakan Monumen Simpang Lima Gumul? Karena monumen ini berada di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren, dan Plosoklaten.

Sebenarnya aku sudah beberapa kali melewati Monumen ini sebelumnya. Tetapi ketika itu aku hanya melewatinya saja, karena belum tahu dimana tempat parkir kendaraannya. Monumen ini dikelilingi oleh jalan raya yang ramai, nggak mungkin kan, tiba-tiba aku parkir mobil di pinggir jalan raya terus berjalan masuk mendekati monumen.

lorong menuju Monumen SLG

Pada kunjungan keempat atau kelima di Kediri (bagi yang belum tahu, tempat tinggalku ada di Magelang Jawa Tengah, lumayan jauh dari Kediri), barulah aku mendapat info bahwa ada tempat parkir yang disediakan untuk pengunjung Monumen SLG, yaitu berada di seberang jalan raya yang melingkari SLG.

Dari tempat parkir, disediakan pintu masuk berupa lorong yang melintas di bawah jalan raya yang mengelilingi Monumen SLG (mirip lorong masuk ke Monas Jakarta yang berada di bawah jalan raya).





pintu masuk menuju lorong bawah tanah
Ada tiga lorong sebagai akses masuk ke lingkungan Monumen SLG yang menuju ke tiga arah berlainan.











bagian yg ramai
Di salah satu bagian Monumen, ada tulisan ‘Kediri’ yang besar. Tempat ini merupakan spot favorit untuk berfoto, terbukti dengan banyaknya orang berjejalan disini.








bagian yg sepi


Berbeda dengan bagian sebelahnya atau sebaliknya yang sepi, di bagian sepi ini, kita bisa berfoto tanpa perlu berebut dengan pengunjung lain.














bagian dlm (langit2) monumen
bagian dlm Monumen, digunakan utk berteduh
Melangkah masuk ke dalam SLG, ternyata tempat ini dimanfaatkan oleh pengunjung untuk beristirahat dan bersembunyi dari sengatan matahari Kediri yang panas membakar kulit.
























Para pengunjung banyak yang duduk berselonjor kaki di bagian dalam monumen, sambil meneguk minuman pelepas dahaga yang bisa kita beli di toko pusat oleh-oleh SLG yang berada di dalam Monumen.




mobil perpustakaan berwarna biru


Nun di pojok bangunan, terparkir sebuah mobil perpustakaan berwarna biru, lengkap dengan bukunya yang beraneka rupa, siap dibaca oleh siapa saja yang berminat.



1 komentar:

  1. keren banget monumennya ya kak, menarik sekali untuk di kunjungi..

    BalasHapus