Selasa, 08 Agustus 2017

Situs Megalitikum di Pagar Alam, Wisata Sejarah di SumSel



Situs Megalitikum (dari bahasa Yunani yang berarti batu besar), yang paling terkenal di Indonesia sepertinya adalah Situs Gunung Padang di Jawa Barat, yang merupakan situs tertua (lebih tua dari Piramida Giza di Mesir) dan terbesar di Indonesia, dengan luas sekitar 3 ha. Ntar deh, kalo pelajaran Zita di skolah sudah membahas tentang dolmen, menhir, dan punden berundak, kita ajak Zita ketempat ini ya yah.. Sekarang, kita lihat dulu Situs Megalitikum yang ada di Pagar Alam, yang baru kami datangi beberapa waktu yang lalu.
 
situs manusia dililit ular



Pagar Alam, meski masuk wilayah Sumatera Selatan, tetapi lebih dekat dengan Bengkulu daripada Palembang (ibukota Sumatera Selatan). Kami tertarik mendatangi Pagar Alam setelah ada seorang teman lulusan Arkeologi yang bercerita tentang banyaknya situs megalith yang bertebaran di Pagar Alam (yang paling terkenal adalah situs Arca Basemah). Tetapi, kebanyakan situs megalitikum ini berada di dalam hutan yang akses jalannya masih sulit dan harus berjalan jauh masuk ke dalam hutan. Jadi kami mencari situs yang berada tidak begitu jauh dari jalan raya, dan akhirnya kami menemukan Situs Megalitikum Tanjung Aro.
 
situs rumah batu

 
latar belakang Gunung Dempo
Situs megalitikum disini berbentuk rumah batu dan manusia dililit ular yang berusia 3.000 – 4.000 tahun. Situs arca manusia dililit ular berada di tengah persawahan penduduk, dengan latar belakang Gunung Dempo yang menjulang tinggi di kejauhan. Sedangkan untuk situs rumah batu berada diantara rumah-rumah penduduk setempat.

lihat videonya juga yaa..

baca juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar