Minggu, 24 April 2016

Aneka Info tentang Sentosa Island



Sentosa Island, merupakan sebuah pulau kecil yang terpisah dari pulau utama Singapore. Tempat hiburan yang mempunyai slogan ‘The State of Fun’ ini menyediakan berbagai macam atraksi. Cara menuju pulau ini adalah naik MRT dan turun di stasiun Harbourfront. Dari stasiun MRT yang berada di bawah tanah, kita berganti naik monorail yang berada di lantai tiga Mall Vivocity.

Setelah berjalan lima lantai ke atas dari stasiun MRT bawah tanah, akhirnya aku bergabung dengan orang-orang dari berbagai negara, berjejalan mengantri naik monorail yang akan berangkat menuju Sentosa Island. “Ternyata banyak juga nih yang pengen ke Sentosa” pikirku sambil memperhatikan sekumpulan orang di sekitarku dengan berbagai macam warna kulit.

monorail dua gerbong
Monorail / Sentosa Express
Monorail yang menuju ke Sentosa ini ternyata hanya terdiri dari dua gerbong. Setelah empat monorail lewat berisi penuh penumpang, akhirnya aku keangkut juga. Monorail ini beroperasi setiap hari dari jam 7 pagi dengan harga tiket $4. Tetapi kalau kita naik monorail dari Sentosa ke Vivocity, kita tidak dipungut biaya alias free.

Sentosa Boardwalk
Nah, kalau mau yang murah, kita bisa berjalan kaki dari lantai 1 Vivocity lewat Sentosa Boardwalk, kemudian pulangnya baru naik monorail biar gratis. “Sentosa Boardwalk will be free until desember 2016” kata petugas yang berjaga disitu.

Cable Car
Bagi kamu yang berkantong tebal, biar lebih seru, kamu bisa naik cable car dari Harbourfront Tower 2. Cable car ini beroperasi dari jam 8.45 pagi sampai 10 malam dengan harga tiket $29 untuk dewasa dan $18 untuk anak-anak.

Rute Sentosa Express
Jika naik Sentosa Express, kamu bisa memilih turun di Beach Station, Imbiah Lookout, atau Waterfront. Sedangkan untuk perjalanan pulang naik monorail, rel-nya berada di antara bangunan-bangunan tinggi yang letaknya berdekatan, pokoknya keren deh berjalan di rel yang tinggi, di sela-sela bangunan. Jadi aku saranin, untuk pulangnya mending naik monorail saja ya.

Berbagai Atraksi di Sentosa
Dengan ‘day fun pass’ seharga $79 kamu bisa menikmati 20 atraksi dalam sehari, diantaranya 4D adventure land, ParaJump di Imbiah Lookout, bi-pedal bicycle, butterfly park, fort siloso combat, MegaBounce di Siloso Beach, S.E.A aquarium di Resort World Sentosa, SeaBreeze Water, segway fun bike (2 rides), Sentosa Merlion, Skyline Luge, trick eye museum, the flying trapeze, tiger sky tower, wave house, wings of time, dan madame tussauds.

Untuk pembelian tiket ini, bisa kamu dapatkan di counter Beach Station, Fort Siloso, Imbiah Forecourt, Imbiah Lookout, Merlion Plaza, Sentosa Boardwalk, Sentosa Merlion, Sentosa Station (Vivocity lantai 3), Waterfront Station.

Merlion Kedua
Di Sentosa, kamu bisa menemukan Merlion yang tinggi banget, di dekat Imbiah Station. Sebenarnya di Singapore ada banyak patung Merlion sih. Kebanyakan di taman-taman dan tempat hiburan. Bahkan banyak hotel yang memasang patung Merlion di depan pintu masuk. Tapi kebanyakan patungnya kecil-kecil.
Merlion yang ada di Sentosa
Nah, sepengetahuanku, ada dua Merlion nih yang ukurannya paling besar. Yang satu Merlion Park di daerah Marina, satunya lagi ya Merlion di Sentosa ini yang sering disebut sebagai Merlion kedua.
tulisan 'sentosa'

Madame Tussaud
Di depan Sentosa Merlion dan di belakang tulisan ‘Sentosa’, ada taman bunga yang indah berwarna-warni. Kemudian di sebelah kiri Merlion, ada tangga memanjang ke atas. Ke atasnya jauh banget. Kalau jalan kaki sih bikin kaki gempor. Tapi untungnya tangga disini dijalanin pakai mesin alias eskalator, jadi kita tinggal berdiri diam, tahu-tahu sudah sampai atas deh.

Emang ada apa sih di puncak tangga itu? Yang pertama ada Madam Tussaud yang buka setiap hari dari jam 10 pagi. Kisahku tentang Madam Tussaud bisa kamu baca disini. Kemudian selanjutnya ada...

Tiger Sky Tower
Di depan Madame Tussaud, ada Tiger Sky Tower, yaitu sebuah menara observasi setinggi 131 meter (tingginya sama dengan Monas). Tower ini buka setiap harinya dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Dengan tiket seharga $18 untuk dewasa dan $10 untuk anak-anak dibawah umur 12 tahun, kita bisa masuk ke bangunan tower yang berbentuk melingkar.
tiger sky tower dari kejauhan
Bangunan melingkar ini perlahan-lahan bergerak ke atas sampai puncak tiang di ketinggian 131 meter. Sambil bergerak ke atas, bangunan ini juga bergerak berputar, sehingga kita dapat melihat pemandangan dari segala penjuru. Untuk info lebih lanjut, bisa kamu buka di www.skytower.com.sg

Skyline
Untuk atraksi di skyline, buka dari jam 10 pagi. Disini, kamu dapat menaiki skyride chairlift dengan harga $11 (one way) dan $18 (two way). Chairlift ini bentuknya seperti cable car yang berjalan di ketinggian, hanya tempat duduknya terbuka (tanpa atap, lantai, dan dinding samping), jadi sepertinya untuk anak di bawah 6 tahun belum boleh menaiki wahana ini.

Foto di Universal Studio Singapore bikin Gemes
Nah, ini nih, salah satu tempat di Sentosa yang paling sering dipakai buat foto. Sebuah globe besar bertuliskan ‘Universal Studio’. Globe ini selalu bergerak berputar dengan pelan, sehingga untuk berfoto, aku harus menunggu sampai tulisan ‘Universal’ menghadap ke depan, baru deh ‘klik’ tombol kamera bisa dipencet.

Ketika tulisan ‘Universal’ menghadap ke depan, orang-orang berebut foto dengan latar belakang globe raksasa ini. Begitu tulisan ‘Universal’ berputar menghadap belakang, orang-orang dengan sabar menunggu sampai tulisan ‘Universal’ muncul lagi dan menghadap depan.

Kadang aku suka gemes, sudah nunggu lama sambil pasang pose keren, begitu tulisan ‘Universal’ menghadap depan, ehh… ada orang lewat terus nutupin globe. Nah, kaann… Aaaahhrrrgg.. jadi harus nunggu lagi deh sampai tulisan ‘Universal’ berputar dan menghadap depan.

Untuk informasi selengkapnya tentang Sentosa Island, dapat kamu buka di www.sentosa.com

Baca juga :
tentang Singapore
Madam Tussaud Singapore 
Keluar dari Singapore, masuk wilayah Malaysia 
Petronas Tower

2 komentar: