Selasa, 06 Juni 2017

Wisata Bengkulu dan SumSel, Bukit Kaba dan WaterVang



Kalau di postingan sebelumnya aku sudah membahas tentang tempat-tempat wisata di Kota Bengkulu, sekarang aku bahas ya, beberapa tempat yang agak jauh dari Kota Bengkulu.

Danau Musi
Berada di wilayah Kabupaten Kepahiang, Danau ini merupakan hasil dari pembendungan Sungai Musi yang digunakan untuk PLTA. Air danau ini juga dimanfaatkan penduduk sekitar untuk keramba ikan. Ada jembatan yang sudah banyak berlubang disini yang menarik minatku, tetapi aku tidak berani menyeberanginya, hanya berani beberapa langkah saja, habisnya jembatannya goyang-goyang sih, jadi aku takut kecebur, padahal orang-orang lain dengan santai melewati jembatan ini meski sudah ada tulisan ‘jembatan rusak’ di ujungnya.
 
siapa berani menyeberang jembatan bolong-bolong ini...??
Bukit Kaba – Curup
Bukit yang satu ini masuk ke wilayah Curup yang merupakan ibukota Kabupaten Rejang Lebong. Banyak juga yang menyebut Gunung Kaba karena gunung ini mempunyai kawah yang masih aktif, dengan ketinggian 1.938m. Sayang ketika sampai tempat ini waktu sudah menunjukkan pukul lima sore. Meski ada ojeg motor yang bisa membawaku ke kawah, tapi perjalanan menggunakan ojeg pun akan memakan waktu selama satu jam. Haduh, bakalan kemalaman nih, mana nggak ada lampu di sepanjang jalan, ngeri ah, serem, akhirnya aku harus cukup puas berfoto di pintu masuknya saja.


Padahal kalau melihat foto-foto tentang Bukit Kaba, kawahnya keren lho, dan tangga batu menuju ke puncak juga keren abis.

PLTA Ujan Mas / PLTA Musi
Meski aku belum sempat kesini karena tidak ketemu tempatnya, tapi melihat foto-fotonya di instagram, keren banget nih tempat, asal datangnya di waktu yang tepat, yaitu ketika air melimpah ruah. Beberapa kali aku wisata ke PLTA seperti Jatiluhur, Wadas Lintang, Sempor, dan lain sebagainya di waktu musim kemarau, fotonya kurang keren karena airnya tidak ada.

PLTA Ujan Mas menurut info berada di Kepahiang, tapi sudah aku ubek-ubek itu Kepahiang, tidak ketemu juga. Ketika bertanya pada penduduk setempat malah katanya PLTA ini tidak dibuka untuk umum. *_*

Danau Dendam Tak Sudah
Terletak di Kecamatan Singaran Pati, dengan luas danau 67 hektar.

WaterVang – Lubuk Linggau
Nah, tempat yang satu ini sudah tidak masuk wilayah Provinsi Bengkulu, meski hanya berjarak beberapa menit saja dari perbatasan Provinsi Bengkulu. WaterVang yang merupakan sebuah bendungan buatan Belanda ini masuk ke wilayah Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.
 
dibuat tahun 1941


 
mari menyeberang


Baca juga : 

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus