Jumat, 12 Februari 2016

Ada Apa Saja di Phuket Thailand?



Dia menjulang tinggi ke atas, tinggi sekali sampai kepalanya menyentuh kaki-kaki langit. Aku hanya sekecil semut di bawah kakinya, yang bisa dia injak dengan mudah sampai gepeng seperti dendeng. Namanya ‘Puttamingmongkol Akenakkiri’ dalam bahasa Thailand (susah sekali membacanya apalagi mengucapkannya) atau orang-orang sering menyebutnya dengan nama ‘Wat Yai’ (nah yang ini lebih mudah untuk diucapkan), atau yang lebih gampang lagi, kita bisa memanggilnya dengan sebutan ‘Big Buddha Phuket’. Tingginya 45 meter dan diameternya 25 meter. Tidak kurang dari 30 juta Thai Baht dikeluarkan untuk membangunnya.

Untuk bisa menuju ke patung raksasa itu, kita harus menaiki tangga ke atas yang lumayan banyak jumlahnya. Tapi jangan khawatir, anak tangganya tidak sebanyak kalau kita naik ke kawah Bromo kok.
Ada beberapa versi cerita tentang pembangunan Big Buddha ini. Salah satunya menyatakan bahwa pembuatan Big Buddha dimulai setelah terjadinya tsunami 10 tahun yang lalu, yang banyak memakan korban jiwa di Thailand. Big Buddha yang dibangun menghadap ke arah datangnya tsunami, diharapkan mampu menghalau bencana lain seperti tsunami waktu itu.
Zita di sebelah sleeping Buddha yg ada di bawah Big Buddha

Di bawah patung Big Buddha, terdapat patung-patung Buddha yang lebih kecil dalam berbagai bentuk. Ada sleeping Buddha, ada pula yang sedang duduk. Setiap patung Buddha, besar atau kecil, hancur atau tidak, dianggap sebagai benda suci. Jangan coba-coba naik ke salah satu patung untuk mengambil foto atau melakukan apapun yang sekiranya menunjukkan kurangnya rasa hormat.
Karena tempat ini merupakan wilayah keagamaan, diharapkan para pengunjung memakai pakaian yang sopan. Tetapi di dekat pintu masuk juga sudah disediakan kain seperti sarung, gratis, untuk dipakai menutup pakaian yang dirasa kurang sopan (seperti banyak terdapat di Bali, jika akan memasuki Uluwatu, Bedugul, Besakih, dan tempat-tempat ibadah lain, selalu disediakan kain sarung. Borobudur pun sekarang juga sudah menyediakan kain sarung untuk para pengunjung).

Karon View Point
Aku berkendara menyusuri pesisir barat Phuket, dimulai dari arah utara menuju selatan. Disepanjang jalan itu, terdapat pantai bernama Patong Beach, Kata Beach, dan Karon Beach. Hanya ada air dan air disebelah kananku. Ombak bergulung-gulung, untuk kemudian bertemu dengan pantai. Patong, Kata, dan Karon Beach ini mirip Kuta di Bali. Sepanjang pantai banyak bule berjemur memakai bikini.
Setelah pantai dan pantai, kendaraanku memasuki jalan yang lebih kecil, di kanan kiri jalan ini banyak terdapat café dan toko yang menjual aneka macam souvenir. Jalan kecil ini mengingatkanku pada Legian di Bali. Suasananya sangat mirip sekali.



Ada sebuah tempat di ketinggian kalau kita ingin menikmati pemandangan ketiga pantai yang kusebutkan tadi, nama tempat itu adalah Karon View Point.

pemandangan dari Karon View Point



Karon View Point adalah salah satu dari viewpoint yang paling sering dikunjungi di Phuket. Penduduk lokal menyebutnya Khao Saam Haad. Dari sini terlihat kilaunya laut biru, pantai pasir putih, eksotisnya pulau-pulau terdekat, dan warna hijau bukit Phuket.
Wat Chalong

Wat Chalong

Wat Chalong adalah kuil Budha yang paling penting di antara 29 kuil Budha lainnya yang terdapat di Phuket. Arsitekturnya serupa dengan biara-biara lainnya di Thailand. Wat Chalong diasosiasikan dengan para biarawan yang dihormati, Luang Pho Chaem dan Luang Pho Chuang. Kedua biarawan tersebut terkenal karena pekerjaannya dalam ilmu obat-obatan herbal. Patung mereka berdiri di aula khotbah.

Belanja Oleh2 di Phuket
Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, tiap bepergian selalu membawa oleh2 utk orang sekampung. Berikut ada beberapa tempat utk kita bisa berbelanja oleh2 khas Phuket.


Pornthip
Beralamat di 108/1 Moo 5, Tambol Rasada, Chalermprakiat R.9 Road, Mueang Phuket District, toko ini banyak menjual souvenir bertuliskan Phuket maupun Thailand. Selain itu, makanan khas Phuket juga banyak tersedia disini, terutama produk-produk yang berasal dari laut. Tetapi tulisan dalam kemasan banyak yang menggunakan huruf Thailand, sehingga kita harus banyak bertanya kepada pelayan toko tentang berbagai macam makanan yang terdapat disitu.
Banzaan


Banzaan
Terletak di seberang Bangla Boxing Stadium di daerah Kathu District, tempat ini menyediakan banyak souvenir Phuket & Thailand. Berbeda dengan Pornthip yg memasang harga pas, berbagai macam barang dan makanan di Banzaan bisa kita tawar harganya.

Jungceylon Mall
Kalo pengen tempat belanja yang mewah, datanglah ke Jungceylon Mall yang terletak tidak begitu jauh dari Banzaan, bisa ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 10 menit dengan berjalan kaki dari Banzaan. Tapi bagi yang berkantong cekak, cuma bisa ngiler deh liat harga di tempat ini yang super mahal.


Besok kita kemana lagi Zita?

Baca juga :
- Terbang ke Thailand Bikin Ngakak
- Maya Bay, Phi Phi Island
- Yang Unik di Thailand
- Wisata Gunung Kelud

4 komentar:

  1. Aaaah aku kangen Phuket deh jadinya :)

    BalasHapus
  2. Banyak yg bilang di Phuket terkenal dgn pantai nya, ternyata banyak jg ya tempat recommend disana selain pantai :D

    Nonton film free
    Download/Watch Kung Fu Panda 3 (2016)

    BalasHapus